Connect with Social Media
Lolak Berawan, Suhu 23 - 31 , Angin 15 (km/jam) Selatan | Tondano Hujan Ringan, Suhu 19 - 28 , Angin 15 (km/jam) Selatan | Tahuna Hujan Ringan, Suhu 23 - 31 , Angin 18 (km/jam) Barat Daya | Melongguane Hujan Ringan, Suhu 25 - 31 , Angin 18 (km/jam) Barat Daya | Amurang Hujan Ringan, Suhu 23 - 32 , Angin 15 (km/jam) Selatan | Air Madidi Hujan Ringan, Suhu 21 - 31 , Angin 15 (km/jam) Selatan | Ratahan Hujan Ringan, Suhu 22 - 31 , Angin 15 (km/jam) Selatan | Boroko Berawan, Suhu 23 - 31 , Angin 15 (km/jam) Selatan | Ondong Siau Hujan Ringan, Suhu 24 - 31 , Angin 18 (km/jam) Barat Daya | Manado Hujan Ringan, Suhu 23 - 32 , Angin 15 (km/jam) Selatan | Bitung Berawan, Suhu 26 - 32 , Angin 15 (km/jam) Barat Daya | Tomohon Hujan Ringan, Suhu 18 - 28 , Angin 15 (km/jam) Selatan | Kotamobagu Hujan Ringan, Suhu 22 - 31 , Angin 15 (km/jam) Selatan |

Biaya Kampanye, Djelas Lima Miliar, Tatong-Jadi Empat Miliar Rupiah

May 03, 2013 at 04:55:02 • View 306
Laporan wartawan Tribun Manado Edi Sukasah

KOTAMOBAGU
- Pasangan calon kepala daerah di Kotamobagu harus mengeluarkan miliaran rupiah untuk membiayai pertarungan perebutan top eksekutif tersebut. Biaya itu, di antaranya untuk memenuhi pendukung atau simpatisan dalam sejumlah kegiatan.

"Apa pun tentu akan kami berikan bagi pendukung dan simpatisan kendati kami juga tetap harus memperhitungkan efektifitas pembiayaan itu," ujar Lucky Chandra Makalalag, Tim Pemenangan dari Pasangan Djelantik Mokodompit-Rustam Simbala saat bersua Tribun Manado di Media Center KPU Kotamobagu, Rabu (1/5/2013).

Dia mengatakan, tak selamanya kegiatan yang melibatkan ribuan pendukung dan simpatisan memerlukan biaya yang banyak. Justru, lanjutnya, simpatisan dan pendukung biasanya spontan mengikuti kegiatan dengan biaya sendiri. Lucky mencontohkan pada saat pendaftaran Djelas di KPU Kotamobagu.

"Kami memang menggunakan lima bentor dan lima mobil dari setiap desa/kelurahan di Kotamobagu. Pengganti bensin untuk bentor Rp 50 ribu, sementara roda empat Rp 500 ribu. Artinya, Rp 2.750 ribu untuk satu desa/kelurahan. Kali saja dengan 33 desa/kelurahan yang ada di Kotamobagu," kata dia memaparkan.

Pria yang juga kini terdaftar sebagai bakal calon dari Partai Golkar ini mengatakan, total biaya untuk seluruh kegiatan selama Pemlukada berada di kisaran Rp 4 sampai 5 miliar. Menurutnya, biaya tersebut terutama untuk menjaga konstituen dalam sejumlah kegiatan. Termasuk juga biaya kampanye rapat terbuka nanti.

"Anggaran ini juga akan kami sampaikan dalam laporan ke KPU nanti. Jadi, teman-teman (wartawan) juga akan mengetahuinya secara pasti," kata di.
Tim pemenangan dari bakal calon yang diusung oleh Partai Amanat Nasional (PAN) Tatong Bara-Jaenuddin Damopolii (Tatong-Jadi) juga memperkirakan anggaran yang akan dikeluarkan antara Rp 3.5 sampai 4 miliar. Ismail Dahab dari Tatong Bara Media Center, mengatakan di antaranya untuk kegiatan kampanye, peraga kampanye, saksi-saksi saat pemungutan suara, kebutuhan tim pemenangan, termasuk juga biaya iklan di media massa.

Namun dia mengatakan, biaya tersebut tidak bisa diukur dari besar kecilnya yang dikeluarkan. "Berapa efektif dan dampak dari pengeluaran tersebut. Itu yang kami ukur. Dua kali roadshow, biaya yang kami keluarkan untuk roadshow dengan ribuan orang peserta sebesar Rp 17 juta. Kali kedua menghabiskan Rp 47 juta," kata Ismail.

Dia mengatakan partisipasi dari simpatisan Tatong-Jadi juga sangat tinggi untuk mendukung kegiatan pasangan calon. Ismail mencontohkan ada yang menyumbang telu dan ikan untuk logistik tim pemenag. Pun demikian dengan kegiatan-kegiatan lainya, simpatisan biasanya tanggung renteng dengan tim pemenangan.

"Kalau dikonversi ke dalam rupiah tentu akan sangat besar. Namun, pasangan Tatong-Jadi mempunya modal sosial yang cukup besar dari simpatisan. Saya contohkan dengan Tatong Bara Community (Tabrac) yang justru mencari jalan kreatif untuk membiayai kegiatan mereka," kata dia.


Penulis : Edi_Sukasah

Editor : Robertus_Rimawan

Sumber

Sekitar Manado