Manca Negara | February 13, 2018 at 07:10 PM post by Mimsy (view 123)

Merdeka.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un memberikan perintah kepada anak buahnya untuk membuat 'langkah praktis' guna meningkatkan hubungan antara dua Korea.

Kabar itu dilaporkan kantor berita pemerintah KCNA hari ini.

Dalam rapat dengan sejumlah delegasi penting Korut yang baru kembali dari Korea Selatan, Kim mengatakan negaranya harus melanjutkan 'suasana hangat persahabatan dan dialog' dengan Korea Selatan seusai Olimpiade Musim Dingin.

"Dia (Kim) menjabarkan rincian perbaikan hubungan antara utara dengan selatan dan memberi instruksi penting untuk membuat langkah praktis," kata KCNA yang melaporkan dalam bahasa Inggris, seperti dilansir laman NC News, Selasa (13/2).

Presiden Majelis Rakyat Tertinggi Kim Yong Nam memimpin delegasi tingkat tinggi Korut ke ajang Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, Korea Selatan, pekan lalu. Salah satu anggota delegasi juga adalah adik perempuan Kim Jong-Un yang menjabat Wakil Pertama Direktur Komite Sentral Partai Pekerja Korut, Kim Yo Jong. Mereka ditemani oleh Ketua Komite Penyatuan Kembali Perdamaian Dua Korea, Ri Son Gwon.

Meski laporan KCNA ini tidak menjelaskan apa instruksi atau keputusan Kim terhadap anak buahnya namun dikatakan Kim mengungkapkan perasaan puasnya setelah diberi keterangan oleh adiknya, Kim Yo Jong dan Kim Yong Nam.

Kim Yong Nam dilaporkan menyampaikan kepada Kim Jong-un, tentang aktivitas delegasi Korut di Korsel, termasuk pertemuan dengan Presiden Korsel Moon jae-in Sabtu lalu dan Kim Yo Jong mengundang presiden Korsel itu ke Pyongyang atas nama kakaknya.

Profesor Yang Moo-jin dari Universitas Studi Korea Utara mengatakan kepada NK News, kalimat 'langkah praktis' harus dipahami secara luas.

"Saya meyakini yang dimaksud dengan 'instruksi penting' itu adalah implementasi dari deklarasi bersama pada 15 Juni dan 4 Oktober tentang persiapan acara pertemuan dua Korea," ujar Yang Moo-jin.

Pengamat lain mengatakan kedua negara kemungkinan akan menjalin hubungan baru pertukaran budaya.

"Ini berarti pemimpin Korut secara resmi mengumumkan dilanjutkannya pertukaran budaya di segala bidang termasuk seni, sepak bola, dan balet," kata Nam Sung-wook, profesor dari Universitas Studi Korea Utara.

Kim Jong-un juga dilaporkan bertemu dengan anggota Orkestra Samjiyon yang baru kembali dari tampil di Korea Selatan.

"Dia senang mendengar kabar sesama orang Korea dan Presiden Moon Jae-in serta istrinya puas atas penampilan Orkestra Samjiyon dan menyampaikan salam hangat buat mereka," kata KCNA. [pan]

Source: www.merdeka.com