Nasional | October 13, 2017 at 02:10 AM post by Mimsy (view 92)

Merdeka.com - Indonesia dan Laos sepakat meningkatkan kerja sama di bidang pertahanan. Presiden Joko Widodo mengatakan, Indonesia siap menyediakan alutsista sesuai keperluan Laos.

"Indonesia siap menyediakan produk-produk yang berkualitas seperti pesawat dan alat utama sistem pertahanan sesuai dengan yang diperlukan Laos," ungkapnya usai melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Laos Thongloun Sisoulith di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (12/10).

Selain di bidang pertahanan, kedua negara juga sepakat memperkuat kerja sama di sektor perdagangan, investasi dan sosial budaya. Sejumlah sektor perdagangan dan investasi yang dapat terus didorong antara lain di bidang energi, pertambangan, pupuk dan pertanian.

"Investor Indonesia sangat tertarik menanamkan modal di bidang pupuk dan pertambangan. Dan saya mengharapkan kiranya rencana ini dapat segera di realisasikan," ucapnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga mengapresiasi delegasi bisnis yang diboyong Thongloun Sisoulith ke Istana Kepresidenan Bogor. Jokowi yakin pertemuan bisnis ini akan memperkuat upaya peningkatan kerja sama di bidang perdagangan dan investasi.

Mengenai kerja sama di bidang sosial dan budaya, RI siap menyambut baik pelajar dari Laos yang akan menempuh pendidikan di Indonesia. Jokowi berjanji akan senantiasa berkomitmen untuk mendukung Laos dalam program peningkatan kapasitas.

"PM Thongloun dan saya percaya bahwa hubungan bilateral yang sangat baik antara kedua negara selama 60 tahun dan di masa yang akan datang harus dapat dinikmati oleh masyarakat kedua negara. Karena itu kita akan terus meningkatkan kerja sama demi kemakmuran masyarakat kedua negara," pungkasnya. [rhm]

Source: www.merdeka.com