Sekitar Manado | November 15, 2017 at 01:10 AM post by Mimsy (view 94)

TRIBUNMANADO.CO.ID- Ratusan warga Kotamobagu berbondong-bondang mendatangi Kantor Dinas Kesehatan.

Tua muda hingga lansia serta anak kecil terlihat antusias datang, untuk memeriksa dan mengecek kesehatan mereka pada momentum peringatan hari kesehatan Nasional (HKN) ke 53, Selasa (14/11).

"Dari pemeriksaan kesehatan khusus periksa mata yang digelar Dinas Kesehatan saya tidak jadi membeli kacamata karena sudah dapat gratis disini," kata Murni Nur (47) kepada Tribun Manado, Selasa kemarin.

Warga Perum Pobundayan Kelurahan Pobundayaan Kecamatan Kotamobagu Selatan, sebelum mendapat informasi ada pemeriksaan kesehatan gratis sudah mengurus pembelian kaca mata melalui jalur BPJS. Karena sudah cocok dan pas di mata niat itu akhirnya sudah tidak indahkan lagi, Nur sudah senang dengan pemberian kaca mata gratis.

"Sebelumnya saya mengalami masalah dengan penglihatan, usai membaca pesan singkat saat menatap kedepan pandangan jadi buram dan huruf yang dilihat berbayang," ceritanya.

Dengan pakai kaca mata bantuan dari Dinas Kesehatan bagian pelipis yang awalnya sering nyiri sudah tidak rasa, saat dipakai terasa dingin matanya dan jidat tidak berat lagi. Suparman Sampuro (62) warga Kelurahan Mogolaing ikut memeriksakan kesehatan umum dan mata, dia bisa tau tekanan asam urat, gula darah, kolesterol hingga penyakit yang ada didalam tubuh.

"Ini sangat bagus, untuk kepentingan masyarakat menjadi tau kesehatan mereka," tambah Suparman.

Kedepan dia berharap kegiatan serupa lebih intens digelar, agar makin banyak warga yang memeriksakan kesehatannya. Memperingati hari kesehatan sebagai masyarakat berharap masih banyak pelayanan kesehatan masih kurang, orang banyak tidak tau penyakit yang dialami, kalau ada BPJS murah pengobatan kalau tidak ada BPJS mahal.

Terpisah dr Haris Mongilong kepala Dinas Kesehatan menerangkan dalam rangka peringatan hari kesehatan Nasional (HKN) ke 53 dengan Motto sehat keluarga sehat Indonesiaku digelar kitanan massal, pemeriksaan umum, pemeriksaan kolesterol, asam urat, gula darah, periksa mata dan operasi katarak.

"Semuanya gratis, ada ratusan warga yang berpartisipasi pada setiap bagian kegiatan. Khusus untuk operasi katarak yang di screnning 183 orang namun yang hendak di operasi hanya 10 orang, ini karena ada warga berpenyakit tertentu," tandas Haris.(crz)

Source: manado.tribunnews.com