Teknologi | November 29, 2017 at 10:10 PM post by Mimsy (view 649)

MANADO - Tiga bank BUMN memberikan pembiayaan sebesar Rp 1,1 triliun ke PT Pelabuhan Indonesia I (Pelindo I). Pembiayaan ini dilakukan oleh tiga bank yaitu PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI).

Masing masing bank BUMN tersebut menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 350 miliar.
"Total pembiayaan ke Pelindo I Rp 1,1 triliun dengan bunga komersial," kata Herry Sidharta, Wakil Direktur Utama BNI kepada kontan.co.id, Rabu (29/11).

Sayang Herry belum merinci berapa tenor dari pinjaman ini. Kredit ke Pelindo I ini digunakan untuk pembiayaan investasi pembangunan dermaga, bangunan dan alat penunjang pelabuhan.

Pelindo I akan mengembangkan Industrial Gateway Port yang mengintegrasikan pelabuhan dan kawasan industri. Pengembangan pelabuhan pelindo I masuk dalam rencana pembangunan 24 pelabuhan dalam tol laut pemerintah.

Sis Apik, Direktur BRI bilang pembiayaan yang diberikan BRI ke Pelindo I ini sebesar Rp 350 miliar.
"Dana ini untuk investasi perusahaan meliputi demaga, bangunan, dan alat penunjang operasional pelabuhan," kata Sis Apik dalam keterangan tertulis, Rabu (29/11).

Seiring pembiayaan ini, BRI juga memberikan layanan supply chain financing bagi perusahaan rekanan Pelindo I untuk memperkuat bisnis layanan pelabuhan.

Dukungan BRI ke Pelindo I ini terkait dengan pembiayaan sketor transportasi khususnya infrastruktur pelabuhan.

Sebagai gambaran Pelindo I akan mengembangkan Industrial Gateway Port yang mengintegrasikan pelabuhan dan kawasan industri. Pengembangan pelabuhan pelindo I masuk dalam rencana pembangunan 24 pelabuhan dalam tol laut pemerintah.

Source: manado.tribunnews.com