Sekitar Manado | December 21, 2017 at 02:10 PM post by Mimsy (view 127)

Laporan Wartawan Tribun Manado Jean Kalengkongan

MANADO - Jelang Natal dan Tahun Baru, pihak Pelabuhan Manado menambah satu unit kapal menuju Melonguane, Talaud untuk mengantisipasi lonjakan penumpang.

Arus mudik menuju Sangihe, Talaud dan Sitaro mulai menujukan kenaikan pada H-5 Natal. Makin banyak penumpang yang menggunakan transportasi laut tersebut sejak Rabu (20/12/2017) pagi.

Kebanyakan calon penumpang melakukan perjalanan secara bersama-sama dengan saudara dan teman mereka. Tampak penumpang membawa barang bawaan yang cukup banyak.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas III Manado, Stanislaus W Wetik mengimbau penumpang agar penumpang tak membawa terlalu banyak barang.

"Kalau mau berangkat jangan bawa barang banyak-banyak, karena di kapal itu terbatas. Jangan mengunakan perhiasan, belilah tiket di agen, jangan dicalo atau dalam kapal, dan naik kapal tanpa tiket karna kami melakukan sweeping," ungkapnya.

Katanya, untuk pelayaran diutamakan dalam bagasi adalah sembako untuk keperluan warga di kepulauan.

"Kami mengatasi lonjakan penumpang dengan menambah armada. Jumat itu ada KMP Watunapato, berlayar ke Likupang, Manado, Melonguane PP sampai ke pulau pulau terkecil. Kapal ini bermuatan kapasitas 212 orang," katanya.

Dia mengatakan setiap hari ada 6 keberangkatan kapal setiap hari.

"Keberangkatan per hari, jadwal seperti biasa, 6 kapal per hari, sekitar dua ribuan penumpang per hari," ungkapnya

Source: manado.tribunnews.com