Gaya Hidup | June 19, 2017 at 03:06 PM post by Mimsy (view 76)

PENYEBAB kematian aktris Star Wars Carrie Fisher masih belum diketahui jelas. Namun, Sleep Apnea atau gangguan tidur menjadi faktor yang mendominasi Carrie meninggal dunia. Walau beberapa sumber juga mengungkapkan bukan hanya gangguan itu yang akhirnya menutup usia sang bintang.

Bagaimana bisa gangguan tidur menyebabkan kematian? Dilansir dari Sleep Education, Sleep Apnea adalah gangguan tidur dimana Anda berhenti bernafas. Kondisi tersebut terjadi karena jalan napas berulang kali tersumbat, sehingga membatasi jumlah oksigen yang masuk ke dalam paru-paru.

Bila itu terjadi, respon yang paling sering terjadi adalah mendengkur atau membuat suara tersedak saat Anda mencoba untuk bernafas. Karena itu juga, otak dan tubuh kekurangan oksigen dan tak jarang membuat Anda terbangun mendadak. Tentunya itu sangat menggangu kualitas tidur Anda.

Pada beberapa kasus, Sleep Apnea atau jeda sementara saat bernafas disebabkan jaringan di bagian belakang tenggorokan yang rusak. Otot-otot jaringan pernafasan menjadi kendur saat Anda tidur. Jika Anda tidur telentang, gravitasi yang terjadi bisa menyebabkan lidah masuk terlalu dalam ke dalam tenggorok. Ini bisa menyempitkan jalur pernapasan, yang akhirnya mengurangi jumlah udara yang masuk ke dalam paru-paru.

Sleep Apnea juga menjadi faktor penentu tubuh Anda lemas saat terbangun dari tidur. Pada siang harinya, mungkin Anda merasa lebih lelah, sulit berkonsentrasi, atau bahkan Anda tertidur tanpa sadar. Hal tersebut terjadi karena tubuh terbangun beberapa kali sepanjang malam, meskipun Anda tidak sadar pada setiap bangunnya.

Kurangnya oksigen yang diterima tubuh Anda dapat memiliki konsekuensi negatif jangka panjang untuk kesehatan. Seperti misalnya tekanan darah tinggi, penyakit jantung, pra diabetes dan diabetes, serta depresi. Bahkan, pada kasus yang parah bisa menyebabkan kematian seperti yang terjadi pada Carrie Fisher.

(hel)
TAG : penyebab kematian carrie fisher sleep apnea tidur mendengkur

Source: lifestyle.okezone.com