Nasional | December 31, 2017 at 03:10 PM post by Mimsy (view 128)

Merdeka.com - Jelang tahun baru 2018, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan melakukan penutupan jalan di kawasan Puncak, Jawa Barat. Penutupan itu dilakukan karena pihaknya ingin memberlakukan Car Free Night beberapa jam sebelum perayaan tahun baru.

Dirlantas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Prahoro Tri Wahyono mengatakan, kendaraan yang dilarang melintas saat CFD itu hanya berlaku untuk roda empat. Penutupan jalan dilakukan mulai pukul 18.00 WIB hingga pukul 06.00 WIB.

"Yang enggak boleh itu roda empat nanti pas Car Free Night. Karena kenapa, kita lihat pengalaman tahun yang sudah-sudah, itu ngejim jam satu itu ngunci, makanya roda dua aja yang boleh dan kalau udah membludak di atas puncak pas baru ditutup nanti ya," kata Prahoro saat dihubungi Jakarta, Sabtu (30/12).

Kendati demikian, sekitar pukul 03.00 WIB pihaknya akan melakukan sapu bersih terhadap kendaraan roda dua yang berada di Puncak Pas. Hal itu dilakukan karena pada saat jalan tersebut dibuka kembali dan tidak akan terjadi kemacetan panjang.

"Dibuka sama tutupnya tetap dari pukul 18.00 WIB-06.00 WIB. Karena nanti untuk proses one way normal itu dari arah Jakarta menuju Puncak kan gitu. Pas jam 00.00 WIB, selesai pesta kembang apinya kita clearkan sekitar jam 03.00 WIB, kita dorong semua biar clear jangan sampai ada orang yang benar-benar lagi ke situ (puncak pas)," ujarnya.

Pemotor yang diizinkan melintas pun dari dua arah yakni Ciawi dan Cianjur. Namun berselang perayaan malam tahun baru para pemotor yang ada di kawasan Puncak diminta membubarkan diri.

"Karena nanti untuk one way yang dari bawah, biar enggak macet nanti dan enggak ganggu lalu lintas," tandasnya.

Seperti diketahui, Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan bahwa penutupan jalur Puncak tersebut akan mulai ditutup pada 31 Desember 2017, yang akan dimulai sekitar pukul 18.00 WIB sampai dengan 06.00 WIB. Dan acara ini juga yang pertama kali dilakukan oleh pihaknya saat perayaan malam tahun baru.

"Puncak saya minta penekanan khusus di Puncak ditutup Car Free Night tak ada kendaraan di tanggal 31 Desember malam tahun baru, dari jam 18.00 sore sampai 06.00 pagi," kata Tito usai meresmikan Gedung Perawatan VIP dan VVIP Anton Sudjarwo di Rumah Sakit Bhayangkara TK I Pusdokkes Polri, Jalan Raya Bogor, Kramatjati, Jakarta Timur, Kamis (28/12). [gil]

Source: www.merdeka.com