Nasional | December 31, 2017 at 04:10 PM post by Mimsy (view 61)

Merdeka.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla mendatangi posko pengungsi Gunung Agung di Gumi Lahar Karangasem, Sabtu (30/12) Bali. Dalam kunjungannya, pria akrab disapa JK ini ingin memastikan bahwa stok kebutuhan pangan terutama beras bagi para pengungsi benar-benar aman.

"Untuk saat ini dari apa yang saya lihat dan menerima penjelasan petugas, stok beras masih aman. Saya ingin agar semua berjalan baik dan kerja tim benar-benar berjalan," terang JK saat mendatangi Posko Komando Tanah Ampo sebagai tempat penerimaan kebutuhan Logistik para pengungsi Gunung Agung.

JK kemudian mendatangi Pos Pengungsian UPT Rendang, Karangasem, yang berjarak sekitar 40 menit dari tempat semula. JK didampingi Bupati Karangasem, Iga Mas Sumatri.

Saat itu, anak-anak pengungsi Gunung Agung sedang bermain dengan relawan Palang Merah Indonesia (PMI). Sebelum mengunjungi anak-anak tersebut, JK mampir ke sebuah warung kopi di pengungsian milik Wayan Sudiasih.

Wayan Sudiasih tidak menyangka JK akan berhenti di depan warungnya dan mengajak berbicara.

"Tadi sempat diajak salaman sama Pak Wakil Presiden. Ya senang tidak disangka-sangka bisa bertemu dengan beliau," jelasnya.

Dia menerangkan, sempat ditanya oleh JK sudah berapa lama mengungsi dan setiap harinya bekerja apa.

Kemudian JK menyapa anak-anak pengungsi. Dia mengingatkan para orangtua agar anak tetap diawasi dan jangan sampai tak sekolah.

"Saya ingin agar anak-anak tidak sampai trauma akan apa yang dialami saat ini. Kita tidak bisa tahu akan sampai kapan kondisi ini bisa kembali normal. Anak-anak harus tetap ceria dan sekolah. Orang tua mereka yang bekerja, ya harus tetap bekerja," katanya.

JK juga menyampaikan rasa simpati terhadap mereka yang berada di pos-pos penampungan. "Kita berharap musibah ini segera selesai. Kita mengetahui kawasan bahaya tidak semua, risiko bahaya maksimum 10 km, dan tidak perlu khawatir dengan daerah ini. Jadi di luar dari radius itu, Bali aman," kata JK berpesan. [lia]

Source: www.merdeka.com