Nasional | June 19, 2017 at 08:06 PM post by Mimsy (view 101)

Merdeka.com - Tidak lama lagi seluruh umat muslim akan merayakan hari raya Idul Fitri. Hari raya Idul Fitri yang disebut Lebaran ini dinantikan oleh umat muslim setelah sebulan berpuasa.

Uniknya setiap Lebaran umat muslim, khususnya di Indonesia mempunyai tradisi mudik. Mudik ialah pulang ke kampung halaman. Mudik ini dilakukan oleh orang yang merantau di kota-kota besar.

Namun agar mudik lancar hingga ke tempat tujuan, para pemudik harus memperhatikan kondisi kesehatan selama di perjalanan. Berikut ini beberapa tips sehat untuk perjalanan mudik dikutip dari buku Sehat dan Bugar Selama Puasa dan Ramadan, karangan Guru Besar Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Kedokteran Pencegahan, Universitas Diponegoro, Prof Dr. dr Anies:

1. Persiapan obat-obatan

Ketika akan melakukan perjalanan mudik, lebih dulu mempersiapkan segala keperluan. Selain pakaian yang nyaman, jangan lupa membawa obat-obatan. Misalnya, obat pegal-pegal, obat antidiare, obat flu dan obat mual/muntah. Ini penting dibawa karena dikhawatirkan selama perjalanan pemudik merasakan kondisi tubuh kurang baik.

2. Memeriksa kondisi kendaraan

Sebelum mudik, sebaiknya periksa kondisi kendaraan yang akan digunakan. Bahkan, baiknya kendaraan diservis dulu agar perjalanan mudik lancar.

3. Memperhatikan makanan selama perjalanan

Baiknya selama perjalanan mudik hindari membeli makanan sembarangan. Sebab, jika hal itu dilakukan dikhawatirkan mengakibatkan diare. Selain itu, jangan minum minuman yang mengandung kafein karena bakal mempercepat dehidrasi.

4. Memperhatikan waktu perjalanan

Memantau kondisi lalu lintas di jalan utama yang akan dilewati, dapat membantu menentukan waktu perjalanan yang paling ideal. Melakukan perjalanan siang hari lebih cepat membuat capai daripada malam hari. Ambillah waktu terbaik yang sesuai atau memilih berangkat setelah subuh.

5. Beristirahat

Ketika merasa lelah berkendara, segera beristirahat. Tidak ada yang lebih penting selain keselamatan. Waktu untuk beristirahat setiap 3 atau 4 jam berkendara untuk menjaga stamina. [ded]

Source: www.merdeka.com