Nasional | June 19, 2017 at 09:06 PM post by Mimsy (view 65)

Merdeka.com - Aksi pencurian dikhawatirkan terjadi di rumah-rumah kosong yang ditinggal pemiliknya mudik selama libur lebaran. Polrestabes Makassar akan menggandeng RT dan RW serta pengamanan setempat seperti sekuriti kompleks untuk melakukan antisipasi sedini mungkin.

Demikian disampaikan Kapolrestabes Makassar, Kombes Polisi Endi Sutendi usai bicara dalam diskusi "Menakar Kamtibmas dalam persepsi layar kaca" yang digelar Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sulsel di Hotel Amaris, Makassar, Minggu petang, (18/6).

"Kita akan kerjasama dengan pengamanan setempat seperti RT/RT dan sekuriti untuk tetap memperhatikan rumah-rumah kosong yang ditinggalkan penghuninya. Kontrol dilakukan dengan melakukan patroli dan penjagaan di lingkungan rumah-rumah kosong itu," kata Endi Sutendi.

Diungkapnya juga, saat ini lebaran kian dekat dan volume pengunjung di Kota Makassar pun kian meningkat, kian padat terutama oleh warga yang datang berbelanja untuk memenuhi kebutuhan di hari lebaran nanti. Menyambut kepadatan kota jelang lebaran ini, kata Endi, dalam waktu dekat akan digelar operasi khusus kepolisian yakni operasi Ramadaniya menyambut lebaran Idul Fitri.

"Di Makassar ini ada 13 pos pelayanan dan pos pengamanan yang dibuka ditempatkan di titik-titik sentral pusat keramaian, pusat perbelanjaan dan pusat kepadatan arus lalu lintas. Ini dimaksimalkan agar warga bisa merayakan lebaran dengan rasa aman dan nyaman," imbuhnya.

Ditambahkan, mudik dengan kendaraan roda dua itu sangat rawan kecelakaan lalu lintas olehnya warga diimbau untuk memilih mudik dengan kendaraan roda dua dan menitip kendaraannya di tempat-tempat yang bisa diawasi 24 jam oleh petugas. Dan yang hendak mudik, telah disiapkan mudik gratis oleh direktorat lalu lintas Polda Sulsel. Komunitas pemudik yang satu arah akan diangkut bersama. [bal]

Source: www.merdeka.com